March 18, 2011

Informasi lain dari Perang Dunia


Perang Dunia I

                Perang dunia pertama disebabkan oleh terbuuhnya putra mahkota Austria Frans Ferdinand yang dibunuh oleh tentara Serbia.
                Karena memperebutkan wilayah Dalmatia dan Istria dengan Austria, Italia yang awalnya adalah anggota blok sentral, keluar dan bergabung dengan blok sekutu pada perang dunia I.
                  Nuklir akan mengakibatkan terjadinya ledakan dan radiasi sampai radius 11-15 mil (1 mil = 1,6 km). dan radiasinya dapat sangat merusak kulit dan udara menjadi sangat tercemar.

Perang Dunia II

                Sekutu ingin memberantas faham Nazi di Jerman, faham Fasis di Italia,dan faham Militeris di Jepang. Faham fasis, militerisme dan nazi adalah faham ultranasionalis.
                Pada perang dunia II, Italia kembali masuk ke blok Sentral karena pemimpinnya ganti menjadi Bonito Musolini.
                                Jerman membantai/membunuh kurang lebih 3.000.000 bangsa Yahudi karena faham Nazi (ultranasionalis), faham yang menganggap bangsannya adalah yang paling baik/benar.dinamakan peristiwa Holocaust.
                Jepang meledakkan Pearl Harbour (pangkalan militer laut Amerika terkuat saat itu) agar Amerika tidak dapat mencegah Jepang merebut wilayah-wilayah di Asia Tenggara, karena Jepang adalah Negara yang luas wilahnya kecil.
                Negara yang militernya terkuat didunia dulu adalah Amerika Serikat (USA) dan Cina (RRC). Tetapi, sekarang adalah Amerika Serikat (USA) dan Uni Soviet.


No comments:

Post a Comment