August 13, 2011

Teori Lenyapnya Negara

1. Faktor Alam
    contoh : Indonesia
     Beberapa daerah istimewa di Indonesia ternyata juga diistimewakan oleh Allah.
           - Nanggroe Aceh Darussalam, luluh lantah akibat diterjang tsunami yang dahsyat. mungkin salah satu akibatnya adalah karena tentara GAM yang telah banyak membunuh orang.
          - Daerah Istimewa Yogyakarta, tanahnya rata akibat gempa bumi berkekuatan hebat beberapa tahun silam. DIY memang kota pendidikan, tetapi malah sangat banyak orangtua yang takut menyekolahkan anaknya karena sangat banyak sekali terjadi pergaulan bebas terjadi pada anak-anak sekolahnya.

2. Faktor Sosial
    contoh : Perang antara Uni Soviet melawan Afghanistan
     Uni Soviet memang salah satu negara yang hebat dulu, Uni Soviet menguasai teknologi teknologi canggih, khususnya dalam mengembangkan senjata perangnya. Sedangkan Afghanistan tidak terlalu maju perkembangan teknologinya, tetapi mereka sangat menguasai alam, menggunakan taktik yang memanfaatkan alam negara mereka. Jadi saat Uni Soviet akan menyerang, negara Afghanistan membuat bunker-bunker didalm tanah yang berisi senjata-senjata yang ditempatkan di tempat-tempat kemungkinan datangnya tentara Uni Soviet. Tentara Uni Soviet tidak pernah mengetahui itu, mereka sangat tidak menguasai alam yang akan ditempuhnya. Jadi deh beratus-ratus ribu tentara Uni Soviet mati, tidak kembali dari Afganistan.
Uni Soviet pun menjadi negara miskin karena telah kalah perang.

TEORI LENYAPNYA SEBUAH NEGARA YANG DIUNGKAPKAN AHLI LAIN
1. Teori Organisme
     yaitu, pada mulanya sebuah negara muncul, tumbuh, berkembang, lalu mencapai tahap take off (lepas landas) maju, menjadi negara superpower, tapi lama kelamaan menurun kembali (mundur), dan lenyaplah negara tersebut.
         contoh : Uni Soviet, dulunya adalah negara superpower bersama Amerika, tetapi sekarang telahhancur.
         Kalau Indonesia bahkan belum mencapai tahap take off, melainkan "lepas kandas!"
            - di negara berkembang seperti di Indonesia, orang tingkat ekonomi rendah (miskin) bergentayangan. sedangkan di negara maju, yang ekonominya sangat berkembang pesat, orang kaya bergentayangan.

2. Teori Anarkis
     An = tidak ada
     Archeis = pemerintahan
         Menurut teori ini, pada mulanya, manusia itu baik, maka dibiarkan berkembang. Kalau ada keterpaksaan di dalam negara, maka negara akan bubar. Jadi teori anarkis adalah negara yang rakyatnya hidup tanpa ada keterpaksaan. Menurut teori ini, kalau ada suatu keterpaksaan maka negara akan lenyap.
      - biarlah indah pada waktunya, walau sesat pada akhirnya.
      - janganlah kita memaksakan sesuatu, karena hal itu juga akan kembali seperti sebelumnya. Waktulah yang menentukan, seiring berjalannya waktu, semuanya akan berubah.

3. Teori Mati Tuanya sebuah Negara
      - Kalau syarat- syaratnya dipenuhi, maka akan menjadi negara yang sesungguhnya dan menjadi eksis.
      - Kalau syaratnya tidak dipenuhi, maka lenyaplah negara itu.

No comments:

Post a Comment